Home » RingkasanKelas5

Rangkuman Tema 8 Sub Tema 3 Kelas 5 (IPA)

Bagikan :

 Rangkuman Tema 8 Sub Tema 3


IPA

1. 97% air yang menutupi bumi adalah air laut. Sedangkan 3% air di bumi merupakan air berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

2. Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya. 

1. Persyaratan secara fisik  yaitu tidak, tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, suhu antara 10o-25o C (sejuk), dan tidak meninggalkan endapan. 

2. Syarat kimiawi yaitu tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan, cukup yodium, pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2 3. 

3. Syarat mikrobiologi yaitu tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

3. Persyaratan air bersih berdasarkan kuantitas dan kualitas menurut Menteri Keuangan Kesehatan Republik Indonesia sbb :

a. aman dan higienis

b. baik dan layak

c. tersedia dalam jumlah yang cukup

d. mudah terjangkau oleh sebagian besar masyarakat

4. Sumber air yang digunakan masyarakat berasal dari sumber air, sungai dan sumur yang ditampung dalam tangki penampung air yang ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat. 

5. Kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian  adalah harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun. Ketika mencuci sebaiknya tidak menggunakan air sadah. Air sadah, yaitu air yang mempunyai kandungan mineral tinggi. Jika digunakan untuk melarutkan detergen, air sadah hanya sedikit menghasilkan busa. Akibatnya, kemampuan detergen mengangkat noda pada pakaian akan berkurang. Mencuci pakaian dengan air sadah juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam. 

6. Kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman adalah air yang tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan untuk menyiram tanaman. 

7. Akibat berkurangnya cadangan air tanah

a. mengakibatkan banyak mata air kering

b. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau

c. penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. 

d. hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan. 

8. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut. 

a. Menghemat penggunaan air. 

b.Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah. 

c. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah. 

9. Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang :

a. Polusi

b. Membuang sampah dan limbah di aliran air

c. Berkurangnya pepohonan

d. Sedikitnya potensi penampungan air hujan

e. Global warming

f. pemakaian pupuk pestisida

g. tumpahan minyak dari kapal-kapal pembawa minyak

10. Akibat kekurangan air bersih

a. Kebutuhan manusia akan air bersih tidak tercukupi. 

b. Hasil panen berkurang. 

c. Banyak hewan mati karena tidak adanya air

11. Penghematan air :

a. Mandi dengan pancuran lebih irit daripada mandi di bathtub.

b. Gosok gigi dengan keran tertutup. Bila membiarkan keran terbuka sepanjang satu menit saja artinya membuang 1 botol galon air bersih dalam sehari. 

c. Membuat lubang biopori. Lubang ini akan mengikat air saat hujan. Air kemudian diikat sebagai sumber air tanah dan bisa menjadi suplai air bersih. 

d. Memasang talang air. Dengan adanya talang, air hujan dapat disalurkan ke bidang yang lebih rendah misalnya selokan. Atau lebih baik lagi masuk ke sumur resap

e. Mematikan air setelah mencuci tangan.

f. Periksa kondisi sambungan antara pipa air dan keran air, pada setiap titik saluran air di dalam rumah. Jika ada kebocoran segera ambil langkah-langkah untuk mengatasi seperti menambal


Klik Like/Suka jika kamu menyukai artikel Rangkuman Tema 8 Sub Tema 3 Kelas 5 (IPA). dan Baca juga Artikel yang berhubungan dengan Rangkuman Tema 8 Sub Tema 3 Kelas 5 (IPA) atau melanjutkan ke- Halaman Sebelumnya

Artikel Terkait:

0 Comments:

Post a Comment

Latihan Soal

Video Pembelajaran