Home » » Mengenal Fungsi Tab Page Layout Pada Microsoft Word 2007

Mengenal Fungsi Tab Page Layout Pada Microsoft Word 2007

Bagikan :
Setelah sekian lamanya gak update blog, akhirnya kali ini saya akan melanjutkan seri belajar Ms.Word 2007. seperti sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana Mengenal Fungsi Icon Tab Home Pada Microsoft Word 2007 dan Mengenal Fungsi Icon Tab Insert Pada Microsoft Word 2007, kali ini saya akan berbagi bagaimana Mengenal Fungsi Tab Page Layout Pada Microsoft Word 2007.Icon yang terdapat pada Tab Page Layout ini berfungsi untuk mengatur tataletak sebuah halaman dokumen Word. Pada Tab ini terdiri dari 5 Menu Group, diantaranya ada :

  1. Themes
  2. Page Setup
  3. Page Background
  4. Paragraph
  5. Arrange.

Berikut ini adalah penjelasan dari kelima Menu Group tersebut diatas.

Group Themes


Konten / isi pada group ini antara lain :
Themes digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color digunakan untuk mengatur warna tema pada halaman.
Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan digunakan dalam halaman dokumen yang kita buat.
Effect digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

Penjelasan lebih detailnya seperti berikut:

Pada Menu Themes menyediakan sejumlah bentuk tema halaman secara mudah dan praktis. Dengan fitur ini kita dapat dengan mudah membuat dokumen artistik tanpa harus menjadi seorang profesional di bidang setting layout. Semuanya dilakukan dengan praktis dan efisien. Bisa dibayangkan bahwa melakukan setting halaman merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Anda perlu mengamati mana judul, mana subjudul, dan mana paragraf, kemudian harus mengklasifikasikan semuanya dari segi jenis huruf, ukurannya, bahkan warnanya supaya menjadi sebuah pembukuan yang tampil dengan sosok artistik. Namun fakta berbicara lain setelah Microsoft Corporation merekrut fitur yang satu ini ke dalam produk aplikasi perkantorannya tersebut. Semua hal yang sejatinya hanya mungkin dilakukan oleh seorang layouter profesional, kini dapat dengan mudah dilakukan oleh orang yang tidak berlatarbelakang desain template.pada bagian ini pula kita tinggal memilih salah satu tema yang diinginkan, maka program berjalan secara otomatis membantu kita melakukan setting layout, bagian per bagian, bahkan halaman per halaman. kita hanya perlu berkonsentrasi ke layar monitor dan naskah yang diketiknya.
Berikut adalah bebrapa tampilan dari menu Themes.


Sedangkan menu Colors berfungsi untuk memilih warna tema dengan urutan warna secara hierarki. kita juga dapat mendesain sendiri warna tema tertentu melalui menu ini. Berbeda dengan menu Themes, menu Colors hanya memungkinkan kita untuk memilih jenis warna tema saja. Sementara di menu Themes adalah berisi pilihan yang mengatur jenis, warna, dan bentuk huruf dan warna tabel serta warna dasar dapat pula diatur dari menu ini.
Berikut adalah bebrapa tampilan dari menu Colors:


Menu Fonts secara spesifik digunakan untuk memilih tema/jenis huruf. Di samping itu, menu ini juga memudahkan kita untuk mengutak-atik sendiri tema huruf yang kita kehendaki.


Menu Theme Effects ini kita dapat dengan mudah untuk memilih tema efek dengan nuansa warna yang telah tersedia pada menu Colors. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa untuk membuat sebuah booklet yang indah tidak harus terletak dalam aspek ide yang tertuang dalam tulisan tersebut. Justru seorang layouter perlu mendandani setiap objek di setiap halaman dengan efek yang menarik dipandang mata. Namun tampaknya falsafah Microsoft Word tak cukup sampai disitu. Susunan dan urutan warna bahkan juga diorientasikan untuk menjelaskan sebuah hierarkis. Pada menu Effects ini kita akan menemukan hal-hal tersebut, namun kita juga diberi peluang untuk melakukan kustomisasi/perubahan dalam bidang yang satu ini.
Berikut adalah beberapa pilihan dari menu Theme Effects yang telah disediakan oleh Ms.Word:




Pelajarilah terus menerus dan praktekkan sesering mungkin, pada postingan selanjutnya akan saya lanjutkan bagian berikutnya yaitu Mengenal Icon Perintah di Group Page Setup

Klik Like/Suka jika kamu menyukai artikel Mengenal Fungsi Tab Page Layout Pada Microsoft Word 2007. dan Baca juga Artikel yang berhubungan dengan Mengenal Fungsi Tab Page Layout Pada Microsoft Word 2007 atau melanjutkan ke- Halaman Berikutnya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Visi dan Misi

Visi :

Membentuk Siswa yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif

Misi :

Mengembangkan dan mengoptimalkan Internet menjadi media belajar yang efektif untuk siswa.

Daftar Isi

Kode Warna HTML

a