Home » » Mengenal Fungsi Icon Tab Insert Pada Microsoft Word 2007

Mengenal Fungsi Icon Tab Insert Pada Microsoft Word 2007

Bagikan :
Tab Insert biasanya digunakan untuk menyisipkan sebuah objek ke dalam dokumen yang sedang kita buat. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, atau sebuah karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, kita bisa menyisipkan link ke dalam file yang berada di luar dokumen, bahkan dapat terhubung langsung ke internet.

Secara umum perintah yang terdapat pada Ribbon / Menu Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di menu ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing group yang terdapat pada menu Insert
  1. Fungsi Icon yang ada di Group Pages
    • Cover Page digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
    • Blank Page untuk menyisipkan/membuat halaman baru dalam suatu file dokumen
    • Break Page untuk memisah suatu halaman file dokumen
    Cover Page dibutuhkan saat kita ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur terbaru Microsoft Word 2007 yang . Kita bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
    Blank Page digunakan untuk membuat halaman baru. Ini sangat membantu kita saat mengelola dokumen harus pindah ke halaman baru. Jadi kita tidak perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai dengan visi Microsoft Word 2007 seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan juga efisien.
    Sedangkan Break Page sangat dibutuhkan terutama saat kita ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman. sebagai contoh, dalam suatu dokumen teridiri dari 4 paragraf dalam satu halaman saja, terus kita ingin menjadikannya sebagai dua halaman, maka kita cukup meletakkan kursor di bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon Break page. Maka paragraf tadi akan berpindah ke halaman berikutnya.
  2. Fungsi Icon yang ada di Group Tables
  3. Pada saat kita meng-klik icon Table, maka akan muncul flyout yang berisi perintah Insert table, Draw Table , Convert Text to Table, Excel Spreadsheet dan Quick Tables . Apa fungsi dari perintah diatas….??? Yuk mari kita bahas satu persatu…
    Insert Table ini dapat kita gunakan untuk menyisipkan sebuah tabel melalui dialog box. Kita hanya menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi kita dapat menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini. 
    Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila kita membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu tabel.
    Convert Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua baris ke bawah. 
    Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel. dengan fitur ini kita dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, kita dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor. 
    Quick Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini. Kita dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut kita dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
  4. Fungsi Icon yang ada di Group Illustrations

  5. Picture merupakan perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media removable lainnya. Dengan ini kita dapat menyisipkan beberapa gambar atau foto. Saat kita menggunakan perintah ini, kita akan masuk ke sebuah jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
    Clip Art dapat kita gunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang sedang kita buat, tentunya sesuai dengan yang tersedia di library program. Atau kita dapat download/mengunduhnya dari situs resmi Microsoft Corporation. Contoh Clip Art yang tersedia:
    Shapes digunakan untuk menyisipkan sebuah objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. Kita dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan mudah,cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut. adapun pilhan pada menu ini tampak seperti dibawah ini:
    SmartArt merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif. Kita bisa membuat ilustrasi melalui fasilitas ini.
  6. Fungsi Icon di Group Links

  7. Hyperlink digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.Bahkan kita bisa menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di situs web/blog.
    Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini kita diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
    Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini kita dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
  8. Fungsi Icon di Group Header

  9. Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, kita dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. sehingga kita dapat memilih salah satunya yang sesuai.
    Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga kita tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah, jika kita sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
    Page Number digunakan untuk melakukan setting terhadap nomor pada setiap halaman
  10. Fungsi Icon di Group Text

  11. Text Box digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks Quick Parts digunakan untuk mengatur teks otomatis dll  WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik  Drop Cap digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf Signature Line digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital  Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini  Object digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded). Penjelasan lebih lengkapnya:
    Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini kita tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini kita juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
    Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
    WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini kita bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. Kita akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi kita sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
    Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi kita disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
    Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
    Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini kita tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
    Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
  12. Fungsi Icon di Group Symbols

  13. Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, biasanya menu ini dapat kita gunakan untuk pembuatan naskah soal-soal matematika.Tampilannya seperti dibawah ini:
    Symbol: digunakan untuk menyisipkan sebuah karakter khusus .karakter dapat kita pilih sesuai dengan yang kita butuhkan. Apabila kita klik pada icon ini maka akan Tampil seperti gambar dibawah ini.

Klik Like/Suka jika kamu menyukai artikel Mengenal Fungsi Icon Tab Insert Pada Microsoft Word 2007. dan Baca juga Artikel yang berhubungan dengan Mengenal Fungsi Icon Tab Insert Pada Microsoft Word 2007 atau melanjutkan ke- Halaman Berikutnya

Artikel Terkait:

1 komentar:

Nabilah Rosyadah said...

Makasih ya atas informasinya... :D
Saya sangat terbantu, dan saya lebih mengerti :D
Saya copy buat tugas saya...
Sekali lagi terima kasih..

Post a Comment

Visi dan Misi

Visi :

Membentuk Siswa yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif

Misi :

Mengembangkan dan mengoptimalkan Internet menjadi media belajar yang efektif untuk siswa.

Daftar Isi

Kode Warna HTML

a