Home » Belajar Microsoft Word

Belajar Mengenal Lingkungan Kerja Ms. Word 2007

Bagikan :
Jika pada tulisan sebelumnya kita sudah belajar membuka Microsoft Word 2007, maka pada kali ini kita akan membahas mengenal lingkungan kerja dari Word 2007.Saat kita memulai Microsoft Word 2007, maka jendela program Word akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Lingkungan kerja Microsoft Word 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Word versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
Perhatikan tampilan lingkungan kerja Ms.Word 2007 berikut ini.


Penjelasan dari masing-masing unsur interface gambar diatas adalah sebagai berikut:

Tombol Microsoft Office
Tombol ini Digunakan untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan file,mencetak, dan keluar dari Microsoft Word.jika tombol tersebut di klik maka akan Nampak seperti gambar dibawah ini:
Customize Quick Access Toolbar
Dari istilah yang digunakan Microsoft kita bisa tahu, toolbar ini digunakan untuk mengakses secara cepat command yang sering kita digunakan. Quick Access Toolbar bisa kita kustomasi sesuai kebutuhan kita, baik variasi command maupun letaknya.
Customize Quick Access Toolbar digunakan untuk menampilkan tombol-tombol yang ingin ditampilkan pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik tombol open dan new document, akan muncul tombol tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan tombol yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.tampilan dari Quick Access Toolbar seperti Nampak pada gambar dibawah ini:

Title Bar

Title Bar Menampilkan nama dokumen dan aplikasi Microsoft Word, nama dokumen sebelum dirubah adalah Document1, Document2, Document3, Document4 dan seterusnya.

Tombol Close

Tombol ini terletak di ojok kanan atas, terdiri dari tombol minimize, maximize, dan Close (menutup aplikasi word).

Ribbon

Salah satu tampilan ‘memukau’ ketika kita mengaktifkan salah satu varian Microsoft Office 2007 seperti Word, Excel, Access, PowerPoint dan Outlook adalah fitur ribbon. Bagi yang terbiasa dengan Office versi sebelumnya maka kesan pertama yang ditangkap dari tampilan Ribbon adalah toolbar yang penuh dengan command dan rumit dalam mencari command yang dibutuhkan. Jangan khawatir! Ditulisan berikutnya akan kita bahas hal-hal yang terkait dengan Ribbon Word 2007.
Ruler
Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di
atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi
untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

Margin

Tool ini berfungsi untul Mengatur Setting Halaman (Ukuran Kertas)
Scroll Bar
Seringkali kita membuat tidak hanya satu halaman tetapi banyak halaman dalam satu file Word 2007. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain, maka kita menggunakan scrollbar untuk menggulung halaman ke atas atau ke bawah, ke kiri maupun ke kanan. Status bar Memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
Tombol View
Untuk mengatur mode tampilan yang terdiri atas printout, full screen reading, web layout, outline dan draft.
Zoom
Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja.
Pelajarilah terlebih area lingkungan kerja diatas jika kalian Ingin mahir menggunakan Office Word 2007. Sekali lagi "Belajar adalah kunci sukses meraih Prestasi"

Klik Like/Suka jika kamu menyukai artikel Belajar Mengenal Lingkungan Kerja Ms. Word 2007. dan Baca juga Artikel yang berhubungan dengan Belajar Mengenal Lingkungan Kerja Ms. Word 2007 atau melanjutkan ke- Halaman Sebelumnya

Artikel Terkait:

0 Comments:

Post a Comment

Latihan Soal

Video Pembelajaran